fbpx

Berbagai manfaat dalam daun sambiloto

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on email

Memiliki 4 senyawa lakton yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meredakan peradangan dan mengurangi keluhan-keluhan yang berkaitan dengan organ hati

Berikut adalah beberapa manfaat daun sambiloto untuk kesehatan Anda:

1. Daya Tahan Tubuh

Konsumsi daun sambiloto secara teratur dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Itu karena tanaman ini bersifat imunostimulan, yakni meningkatkan kinerja organ-organ yang berhubungan dengan sistem kekebalan.

Selain itu, daun sambiloto sering digunakan untuk meredakan inflamasi, penyakit infeksi saluran pernapasan atas, infeksi akibat HIV, dan keluhan yang berhubungan dengan organ hati. Karenanya, jangan sepelekan khasiat sambiloto bagi kesehatan Anda.

2. Pilek

Salah satu manfaat daun sambiloto untuk kesehatan adalah dapat menangani gejala pilek. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun sambiloto yang dikombinasikan dengan ekstrak ginseng Siberia dapat menghentikan gejala flu dan pilek setelah dua hari. 

3. Radang Amandel

Penelitian menemukan bahwa penggunaan daun sambiloto dosis tinggi (enam gram) setiap hari dapat bekerja secara efektif untuk menurunkan demam serta menyembuhkan sakit tenggorokan akibat radang amandel

4. Radang Usus

Manfaat daun sambiloto untuk kesehatan juga berhubungan dengan radang usus. Pada sebuah studi, tim peneliti mendapati bahwa konsumsi ekstrak daun sambiloto setiap hari selama delapan minggu dapat mengurangi tingkat keparahan gejala radang usus.

5. Osteoartritis

Penelitian membuktikan bahwa konsumsi ekstrak daun sambiloto setiap hari dapat mengurangi nyeri dan kekakuan sendi lutut pada mereka yang mengalami osteoartritis ringan maupun sedang.

6. Kolitis Ulseratif

Beberapa studi mengenai penyakit kolitis ulseratif dan penyakit Crohn membuktikan bahwa ekstrak sambiloto lebih unggul daripada plasebo dalam memicu remisi gejala.

7. Multiple Sclerosis

Ekstrak tanaman sambiloto dapat mengurangi kelelahan pada pasien multiple sclerosis berdasarkan studi yang dipublikasikan oleh BMC Neurology. Namun, tidak menunjukkan perbedaan signifikan pada angka kekambuhan, pengukuran inflamasi, dan status disabilitas.

8.Mencegah kanker

Hasil sebuah penelitian menunjukkan, manfaat sambiloto yang kemungkinan dapat mencegah kanker. Dalam penelitian tersebut diketahui sambiloto menghambat pembelahan sel kanker. Namun, yang perlu diingat, ini adalah hasil penelitian yang dilakukan di laboratorium. Sel kanker yang ada di dalam tubuh, meskipun Anda sudah mengonsumsi ekstrak sambiloto secara teratur, kondisinya bisa berbeda. Hal ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut

https://www.klikdokter.com/
https://nirbiotic.com/
https://www.alodokter.com/

Bagikan

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email

Postingan Lainnya

Butuh bantuan? Hubungi sekarang