fbpx

Cari Tahu Potensi Mahkota Dewa Untuk Melawan Virus Dan Bakteri

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on email

Mahkota dewa harus diketahui oleh banyak orang, hal itu dikarenakan banyak sekali manfaat yang akan kita temukan dari tumbuhan satu ini. Meski banyak khasiat yang akan didapatkan, tidak membuat banyak orang menanamnya di halaman rumah mereka. Orang sering mendengar kata mahkota dewa, namun tidak banyak orang yang pernah melihat bentuk dan wujud dari tumbuhan mahkota dewa ini.

Tak jarang pula orang masih meragukan khasiat dari tanaman ini dikarenakan belum memiliki pengetahuan yang cukup tentang tanaman ini. Oleh sebab itulah, masyarakat perlu dikenalkan dengan tumbuhan mahkota dewa dan berbagai macam khasiat dari tanaman ini. Pengetahuan yang cukup akan membuat masyarakat sadar untuk menanam tumbuhan ini dan mulai memanfaatkan tumbuhan yang kaya manfaat seperti mahkota dewa.

Ciri-Ciri Tanaman Mahkota Dewa

Masyarakat harus tahu dan dapat membedakan mana tanaman mahkota dewa dan mana yang bukan. Berikut ini ciri-ciri dari tanaman mahkota dewa yang harus diketahui :

  1. Batang. Batang dari tanaman mahkota dewa berbentuk bulat dan memiliki permukaan yang kasar. Warna kulit batangnya coklat agak kehijauan, batang kayunya berwarna putih.
  2. Akar. Akar tanaman mahkota dewa adalah tunjang.
  3. Daun. Daun tanaman mahkota dewa adalah tunggal, berhadap-hadapan. Daunnya memiliki tangkai yang pendek, bentuk daun lonjong dan ujungnya runcing. Bagian tepi daun rata, permukaan daun licin dan tidak berbulu. Warna daun hijau tua dan memiliki panjang maksimal 10 cm, lebarnya maksimal 5 cm.
  4. Bunga. Bunga mahkota dewa akan tumbuh sepanjang tahun. Letak bunga bisa tersebar di bagian batang atau di bagian ketiak di daun. Bentuk bunga adalah tabung, warna putih, ukuran kecil juga harum. Jika diperhatikan secara seksama, mirip dengan bunga cengkeh.
  5. Buah. Buah mahkota dewa terdapat bagian kulit, cangkang, daging dan juga biji. Buahnya memiliki diameter maksimal 5 cm. Saat muda warna buahnya adalah hijau, saat masak berwarna merah. Dagingnya berwarna putih, ada serat dan kandungan air.
  6. Biji. Biji buah mahkota dewa adalah bagian dari tanaman mahkota dewa yang paling beracun. Bentuk bijinya adalah bulat dan lonjong, tekstur keras, diameternya adalah 1 cm dan warnanya cokelat. Bagian dalam biji berwarna putih sedangkan kulit biji bagian luar berwarna cokelat.

Kandungan Di Dalam Tanaman Mahkota Dewa

Berikut ini berbagai macam kandungan yang ada di dalam tanaman mahkota dewa :

  1. Zat alkaloid. Salah satu kandungan yang ada dalam tanaman mahkota dewa adalah zat alkaloid. Zat tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan.
  2. Flavonoid. Zat flavonoid ada di dalam tanaman mahkota dewa. Selain ditemukan pada mahkota dewa, tanaman obat lainnya pun juga banyak yang mengandung zat ini.
  3. Polifenol. Polifenol temannya zat alkaloid. Sama halnya degan alkaloid, polifenol memiliki khasiat yang bagus untuk kesehatan tubuh manusia.
  4. Antioksidan. Kulit buah mahkota dewa kaya akan antioksidan, selain kulit mahkota dewa kulit manggis pun kaya akan antioksidan.

Manfaat Mahkota Dewa

Masyarakat belum mau memanfaatkan mahkota dewa sebagai tanaman obat karena kadar racunnya yang tinggi. Masyarakat yang memiliki sedikit pengetahuan tentang tanaman ini tidak mau teracuni oleh tanaman tersebut. Asalkan masyarakat tahu bagaimana mengolah tanaman ini menjadi obat, masyarakat bisa memetik berbagai macam khasiat dari tanaman ini. Agar tidak teracuni, jangan melibatkan bagian biji mahkota dewa. Bagian biji inilah yang memiliki racun jika sampai diolah dan masuk ke dalam tubuh. Berikut ini berbagai macam manfaat dari tanaman mahkota dewa :

  1. Bermanfaat Untuk Detoksifikasi
  1. Menangkal Bakteri
  1. Anti Virus
  1. Meningkatkan Sistem Imun
  1. Menjaga Dan Meningkatkan Vitalitas
  1. Menurunkan Gula Darah
  1. Peredaran Darah Menjadi Lancar
  1. Meningkatkan Sistem Metabolisme
  1. Anti Peradangan
  1. Mengurangi Rasa Sakit
  1. Menurunkan Kolesterol
  1. Mengusir Alergi
  1. Mengobati Tumor
  1. Mengobati Flu Dan Batuk
  1. Mengobati Jantung Koroner
  1. Menangkal Radikal Bebas
  1. Mencegah Tumbuhnya Sel Kanker Dan Tumor
  1. Mengurangi Timbunan Lemak Di Pembuluh Darah
  1. Mengobati Gatal-Gatal
  1. Obat Asam Urat
  1. Obat Disentri
  1. Mengobati Hepatitis
https://manfaat.co.id/manfaat-mahkota-dewa
https://nirbiotic.com/
https://goherba.id/blog/

Bagikan

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email

Postingan Lainnya

Butuh bantuan? Hubungi sekarang