fbpx

Cegah segala penyakit dengan imun tubuh

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on email

Sistem imun atau sistem kekebalan adalah sel-sel dan banyak struktur biologis lainnya yang bertanggung jawab atas imunitas, yaitu pertahanan pada organisme untuk melindungi tubuh dari pengaruh biologis luar dengan mengenali dan membunuh patogen. Sementara itu, respons kolektif dan terkoordinasi dari sistem imun tubuh terhadap pengenalan zat asing disebut respons imun. Agar dapat berfungsi dengan baik, sistem ini akan mengidentifikasi berbagai macam pengaruh biologis luar seperti dari infeksi, bakteri, virus sampai parasit, serta menghancurkan zat-zat asing lain dan memusnahkan mereka dari sel dan jaringan organisme yang sehat agar tetap berfungsi secara normal.

Dengan cara:

1. Menghindari stres

Stres merupakan salah satu sumber penyakit. Semakin tinggi stres, semakin sedikit antibodi dan sel darah putih yang dihasilkan tubuh.

2. Konsumsi makanan antioksidan

Makanan antioksidan merupakan cara alami unutk memenuhi asupan antioksidan bagi tubuh. Antioksidan sendiri berperan untuk melindungi tubuh dari efek radikal bebas yang bisa menimbulkan beragam penyakit. Makanan apa saja yang bisa Anda konsumsi sebagai sumber antioksidan?

Agar bisa mengasup antioksidan dalam jumlah cukup, Anda dianjurkan untuk rutin mengonsumsi buah-buahan dan sayuran bewarna-warni, misalnya:

  • Kiwi
  • Jeruk
  • Apel
  • Anggur
  • Buah buahan
  • Sayur-sayuran hijau
  • Wortel
  • Bayam
  • Biji-bijian

3. Tidur yang cukup

Kurang tidur atau terlalu letih dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit dan menurunkan sistem imunitas tubuh.

4. Olahraga secukupnya

Penelitian telah menunjukkan bahwa olahraga selama 30 menit setiap hari akan meningkatkan kadar leukosit sel darah tanpa warna.

Olahraga yang dianjurkan yakni bisa dilakukan di bawah sinar matahari pagi sambil menghirup udara segar.

Sumber : https://health.kompas.com/read/2020/04/25/193100668/10-cara-meningkatkan-daya-tahan-tubuh?page=5
Sumber : https://www.alodokter.com/beberapa-makanan-tinggi-antioksidan-dan-jenisnya#:~:text=Contoh%20makanan%20tinggi%20antioksidan%20yang,%2C%20brokoli%2C%20dan%20kacang%20polong.

Bagikan

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email

Postingan Lainnya

Butuh bantuan? Hubungi sekarang