fbpx

12 Macam-Macam Tumbuhan Herbal Serta Khasiat Untuk Tubuh

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on email

Sebelum memilih menggunakan obat dari dokter, rata-rata orang Indonesia yang lebih memilih melakukan pengobatan dengan menggunakan tanaman obat. Obat herbal ini memiliki ribuan jenis spesies. Dari total 40 ribu jenis obat kategori obat tradisional telah dikenal oleh seluruh Negara di dunia. 30 ribu obat tradisional dipercaya berada di Negara Indonesia.

Kekayaan alam di Negara Indonesia memang patut kita syukuri. Terdapat banyak tanaman obatyang mempunyai manfaat bagi  kesehatan. Selain itu tanaman ini mudah ditanam di pekarangan depan rumah. Beberapa tanaman telah dibudidayakan menjadi tanaman obat keluarga yang kandungan alaminya ternyata mampu membantu mengatasi masalah kesehatan dengan cara tradisional. Meskipun begitu, hanya ada beberapa spesies obat herbal yang diyakini memiliki manfaat untuk kesehatan.

Macam-macam tumbuhan herbal merupakan jenis tanaman yang sebagian atau seluruh isi tanaman misalnya daun, batang, buah, umbi sampai akar digunakan sebagai obat herbal. Organisasi kesehatan dunia mengartikan obat herbal merupakan tanaman yang digunakan dengan tujuan pengobatan serta merupakan bahan asli dari tumbuhan obat. Kecenderungan masyarakat untuk mengkonsumsi obat herbal pasti tak lepas dari gaya hidup kembali ke alam bahasa inggrisnya back to nature. Hal ini berdampak pada masyarakat yang mulai beralih menggunakan bahan-bahan alami. Semua ini dilakukan guna meminimalisir efek samping dari obat-obat medis dokter.

Macam-macam Tanaman Herbal yang Harus Anda Ketahui

1. Tumbuhan kumis kucing

Selanjutnya yaitu tanaman kumis kucing. Kumis kucing merupakan salah satu tanaman obat yang sering digunakan untuk penyakit batu ginjal. Kumis kucing ini bisa merangsang ginjal untuk mengeluarkan urine. Sehingga bisa mencegah terjadinya pengendapan mineral dan garam dalam ginjal. Kumis kucing juga sering digunakan  sebagai obat untuk infeksi saluran kencing dengan cara meminum air rebusan dari daun kumis kucing.

2. Tumbuhan temulawak

Macam-macam tumbuhan herbal selanjutnya yaitu temulawak. Pastinya anda juga sudah tidak asing dengan tanaman ini. Di negara indonesia sendiri, temulawak adalah salah satu tanaman obat yang diyakini bisa membawa banyak manfaat bagi kesehatan. Temulawak mampu meningkatkan nafsu makan baik itu orang dewasa atau anak-anak. Akar dari temulawak ini sering dimanfaatkan guna mengatasi gangguan pencernaan sampai perut kembung.


3. Tumbuhan jahe

Tanaman ini pastinya sudah tidak asing lagi bagi anda. Tanaman yang sering kali dibuat sebagai wedang jahe yang bisa membuat tubuh anda hangat ketika cuaca dingin. Jahe yang sudah diolah menjadi minuman yang hangat mampu mengurangi masuk angin. Sedangkan sari jahe mampu menyembuhkan batuk. Hal ini karena efek hangat dari minuman jahe mampu membantu melegakan tenggorokan.

4. Tumbuhan ginseng

Ya, ginseng merupakan salah satu macam-macam tanaman herbal. Ginseng di klaim bisa menurunkan kadar gula darah untuk penderita penyakit diabetes tipe 2. Tidak hanya itu, ginseng juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia. Ginseng juga mampu mengurangi risiko anda terkena kanker.  Bagi anda penderita diabetes tipe 2, anda bisa mengkonsumsi ginseng ini untuk mengurangi kadar gula darah anda.

5. Tumbuhan sambiloto

Sambiloto terkenal dengan rasanya yang begitu pahit. Sambiloto ini dijuluki sebagai king of bitter karena rasa pahitnya. Sambiloto diklaim bisa menurunkan kadar gula darah, tekanan darah dan bisa melindungi jantung. Sambiloto banyak di temukan di negara indonesia.  Konsumsi air rebusan daun sambiloto sebanyak 10 helai dan diminum dengan rutin.

6. Tumbuhan pegagan

Macam-macam tumbuhan herbal selanjutnya yaitu memiliki nama latin centela asiatica. Pegagan merupakan tanaman herbal yang memiliki manfaat sebagai imunomodulator untuk penyakit yang membutuhkan pertahanan sistem imun seluler ataupun humoral. Terdapat 2 kandungan senyawa di dalam tanaman pegagan ini. Terdapat senyawa glikosida triterpenoid serta asiaticoside. Kedua senyawa tersebut mampu mempercepat perbaikan sel-sel kulit serta meningkatkan daya tahan tubuh.

7. Tumbuhan bawang putih

Bawang putih memiliki nama latin allium sativum yang terkenal memiliki banyak manfaat. Diantaranya dengan meregulasi hormon atau meregulasi aliran darah. Tidak hanya itu, bawang putih juga bisa meningkatkan gairah dalam bercinta. Bawang putih juga mengandung senyawa yang mampu meningkatkan sistem kekebalan dalam tubuh. Di bawang putih terkandung allicin yang merupakan komponen yang kuat yang bisa menghancurkan bakteri serca infeksi.

8. Tumbuhan Meniran

Mungkin anda belum begitu familiar dengan macam-macam tumbuhan herbal yang satu ini? Atau mungkin anda belum mengetahui jika meniran ini bisa digunakan untuk pengobatan? Tanaman yang memiliki nama latin Phyllanthus niruri L. Ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan pengobatan. Seperti gangguan ginjal, sariawan dan lain-lain. Ektrak dari meniran ini juga bisa digunakan sebagai suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

9. Tumbuhan jeruk nipis

Banyak orang yang menanam jeruk nipis di pekarangan rumah mereka. Jika sudah berbuah, jeruk yang banyak kandungan vitamin c ini dapat dimanfaatkan sebagai campuran pada sambal sampai minuman teh. Orang yang mengkonsumsi jeruk nipis dapat terhindar dari penyakit batu ginjal, radang tenggorokan, amandel dan masih banyak lagi. Umumnya banyak orang yang menggunakan perasan jeruk nipis untuk minuman guna mengencerkan dahak. Jadi anda sudah tidak perlu lagi minum obat-obatan dari dokter, cukup dengan jeruk nipis asal bisa meraciknya.

10. Tumbuhan kencur

Tidak hanya kunyit, kencur juga meruapakan macam-macam tumbuhan herbal yang sering dibuat menjadi jamu. Para penjual jamu menyajikaan kencur dalam bentuk minuman yang dicampur dengan air beras. Rasa dari jamu ini sangat nikmat dan pastinya menghangatkan tubuh, Kencur sendiri memiliki banyak sekali manfaat. Diantaranya mengobati sakit kepala, mencegah batu ginjal, masuk angin dan masih banyak lagi.

11. Tumbuhan kayu manis

Kayu manis adalah jenis rempah-rempah yang umumnya bisa dikenmbangkan dan dipanen sendiri di rumah. Campur kayu manis pada bumbu masakan bisa menambah aroma masakan yang pastinya menggugah selera. Tidak hanya itu, kayu manis juga sering digunakan sebagai campuran minuman pada wedang jahe serta teh manis. Apalagi jika dicampur dengan madu akan terasa jauh lebih nikmat. Kandungan pada kayu manis banyak sekali, diantaranya anti inflamasi, anti oksidan, kalsium dan lain-lain.

12. Tumbuhan jintan hitam

Apakah anda pernah mendengar istilah habbatusauda? Obat herbal yang satu ini disebut-sebut digunakan oleh Rasulullah SAW untuk pengobatan pada zaman dahulu. Macam-macam tumbuhan herbal ini di Indonesia sering disebut sebagai jintam hitam. Manfaat dari jintan hitam ini sebagai pereda nyeri, obat diabetes dan lain-lain. Di pasaran obat ini sering dijual dalam bentuk kapsul yang berisi butiran jintan hitam serta minyak.

Itulah beberapa jenis tanaman yang termasuk dalam macam-macam tumbuhan herbal. Setiap tanaman memiliki khasiat dan manfaat masing-masing. Jadi pastikan anda mengkonsumsinya dengan tepat sesuai penyakit anda. Semoga dengan pembahasan ini dapat menambah pengetahuan  tentang tumbuhan herbal di Indonesia.

https://sumbersehat.com/11-macam-macam-tumbuhan-herbal-serta-khasiat/#Tumbuhan_jintan_hitam

https://www.freepik.com/

Bagikan

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email

Postingan Lainnya

Butuh bantuan? Hubungi sekarang