fbpx

Perbedaan antara Kanker dengan Tumor

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on email
perbedaan tumor dan kanker

Banyak dari kita yang salah kaprah antara Kanker dan Tumor. Penyakit ini seringkali tertukar, padahal perbedaannya cuku mencolok. Apa sajakah perbedaannya?

Di dalam artikel kali ini, Anda akan kami ajak untuk mengenal apa sebenarnya arti, perbedaan, dan persamaan antara kanker dengan tumor. Penasaran?

Apa itu tumor dan kanker? 

Tumor adalah pertumbuhan sel yang berlebihan di dalam suatu jaringan dan membentuk sebuah benjolan. Tumor sendiri dibagi menjadi 2 tipe, yaitu tumor jinak dan tumor ganas. Untuk tumor jinak umumnya tidak mengganggu jaringan di sekitar alias tidak menyebar. Tumor jinak juga sangat lambat berkembang biak atau menyebar ke bagian tubuh lain. Jadi pada dasarnya tumor jinak ini dianggap tidak terlalu berbahaya.

Kemudian untuk tumor ganas, tumor ini akan menyebar ke bagian tubuh lain dengan cepat, bahkan bisa merusak sel-sel yang sehat. Dengan begitu tumor ganas ini bisa membentuk tumor lain yang bisa merusak bagian tubuh lain. Jadi untuk tumor ganas perlu penanganan khusus untuk mencegah dan mengobati. Tumor ganas biasa disebut juga dengan sebutan kanker.

Apakah semua benjolan adalah kanker? 

Sekarang Anda sudah tahu perbedaan antara tumor dan kanker. Pastinya muncul pertanyaan apakah semua benjolan ini termasuk kanker? Pertanyaan ini biasanya keluar ketika Anda tidak mempunyai wawasan tentang penyakit kanker kemudian khawatir yang berakibat stres. Padahal tidak semua benjolan yang ada di tubuh kita ini termasuk kanker.

Misalnya benjolan yang ada bagian lengan atau tangan, tidak otomatis Anda terkena kanker tulang atau kanker kulit. Ciri-ciri benjolan yang termasuk kanker atau tumor ganas adalah benjolannya terasa kaku, keras, dan sulit digerakkan. Pasalnya kanker atau tumor ganas ini cenderung berusaha menyatu ke dalam bagian tubuh, jadi mereka akan menjadi keras. Jika ternyata benjolan ini lunak dan mudah digerakkan, kemungkinan besar ini adalah tumor jinak dan tidak berbahaya.

Penanganan kanker dan tumor

Lalu apa yang harus Anda lakukan? Pertama Anda harus ke dokter dan melakukan CT Scan atau penanganan pertama untuk melihat jenis tumor. Jika memang tidak mengganggu aktivitas, Anda bisa melakukan operasi untuk mengambil jaringan tumor. Terkadang dalam suatu kasus dokter onkologi akan memberikan beberapa pantangan makanan serta perubahan kebiasaan aktivitas yang harus Anda lakukan. Jangan remehkan tumor jinak jika itu terjadi di dalam otak. Tumor jinak di dalam otak ini perlahan-lahan akan membunuh sel otak dan bisa membahayakan Anda.

Kemudian jika Anda terkena tumor ganas atau kanker, Anda harus memilih dokter onkologi yang tepat. Mereka harus mempunyai alat untuk diagnosis yang sangat baik, ini akan memudahkan dokter untuk mengambil keputusan. Beberapa tindakan seperti operasi, kemoterapi, dan radiasi harus segera dilakukan.

Mulai sekarang Anda sudah mengetahui apa itu perbedaan antara kanker dengan tumor. Pada dasarnya tidak semua kanker itu tumor, dan tidak semua tumor itu kanker. Anda harus melihat setiap karakteristik dan diagnosis dokter untuk mengetahui bagaimana tingkat penyebaran dan jenis tumor/kankernya.

Bagikan

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email

Postingan Lainnya

Butuh bantuan? Hubungi sekarang