fbpx

Pilihan Susu Terbaik Untuk Penderita Kolesterol Tinggi

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on email

Seiring perkembangan zaman, jenis susu yang ada di supermarket telah semakin variatif. Anda membutuhkan susu yang berprotein tinggi, atau rendah dalam kadar lemak? Semua ada dan tersedia. 

Jika Anda memiliki kadar kolesterol tinggi atau disebut juga dengan hiperkolesterolemia, pemilihan jenis susu menjadi salah satu bagian penting dalam pola makan Anda.

Anda tidak bisa sembarangan meminum produk susu, karena ada susu untuk penderita kolesterol secara khusus, yang tentunya lebih aman untuk dikonsumsi. Berikut beberapa jenis susu untuk kolesterol yang direkomendasikan: 

1. Susu Sapi Skim Milk

Tak heran apabila susu sapi adalah susu yang paling banyak dikonsumsi. Selain karena ketersediaannya yang mudah didapat, susu sapi juga mengandung protein berkualitas tinggi. 

Secara alami, susu sapi kaya akan kalsium, vitamin B, dan berbagai mineral. Ada pula yang diperkaya dengan vitamin A dan D, yang membuatnya amat bernutrisi bagi anak maupun dewasa. 

Satu gelas (250 ml) susu skim milk atau juga disebut dengan fat-free milk adalah pilihan yang tepat untuk penderita kolesterol, karena mengandung 0 gram lemak dan hanya 80 kalori. 

2. Susu Sapi Low-Fat

Susu Sapi Low-Fat

Perbedaan antara susu low-fat dan whole milk adalah kadar lemak yang terdapat dalam 1 gelas, yang juga terlihat dari kalorinya. Di dalam 1 gelas susu low-fat, hanya terkandung 2.5 gram lemak dan 100 kalori.

Dengan mengonsumsi susu low-fat sebagai susu untuk kolesterol, Anda masih bisa mendapatkan kandungan lemak yang dibutuhkan tubuh, namun dalam kadar yang tidak berlebihan.

3. Susu Almond

Susu almond dapat menjadi alternatif yang lezat bagi mereka yang memiliki alergi kacang, serta bagi Anda yang mencari rekomendasi susu untuk kolesterol.

Selain itu, kadar vitamin E dalam susu almond lebih tinggi dibandingkan yang terkandung pada susu sapi. Namun, hampir semua susu almond yang dijual di pasaran sudah dicampur dengan gula yang tidak sedikit jumlahnya.

Oleh karena itu, bagi Anda yang menderita kolesterol tinggi, minumlah susu almond buatan rumahan yang tidak mengandung gula.

4. Susu Kelapa (Coconut Milk)

Biasanya, susu kelapa didapatkan dari perasan daging kelapa yang berwarna putih, yang lebih dikenal sebagai santan. Susu kelapa memiliki rasa yang lezat, dan menjadi alternatif produk non-susu yang baik apabila Anda memiliki alergi kacang.

Sebagian susu kelapa sudah dikemas dalam karton yang dicampur dengan air untuk memberikan konsistensi mirip dengan susu sapi. Dalam 1 gelas susu kelapa terkandung 4 gram lemak.

Tak hanya itu, karena medium-chain triglyceride (MTC) yang terdapat di dalam kelapa telah terbukti berhubungan dengan kesehatan jantung, Anda juga dapat meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik dengan konsumsi susu kelapa. Jadi, susu kelapa dapat ditambahkan ke daftar susu untuk kolesterol Anda.

5. Susu Kedelai

Susu kedelai tidak mengandung kolesterol dan memiliki kadar lemak jenuh yang sangat rendah. Selain itu, susu kedelai juga mengandung protein yang tinggi. Berbeda dengan susu sapi, susu kedelai tidak mengandung laktosa.

Oleh karena itu, bagi penderita intoleransi laktosa atau kelainan enzim yang menyebabkan seseorang tidak bisa mencerna susu sapi dan produk laktosa lainnya, susu kedelai bisa menjadi alternatif yang baik juga.

Selain kadar laktosa, hal lain yang membedakan susu kedelai dengan susu sapi adalah kadar kalsium yang lebih rendah. Padahal, salah satu kebutuhan nutrisi yang harusnya bisa didapat dari susu adalah kalsium.

Jadi, jika penderita kolesterol tinggi hendak mengonsumsi susu kedelai, usahakan untuk memilih susu kedelai yang telah difortifikasi dengan kalsium.

6. Susu Oats

Susu Oats

Susu oats secara alami terasa manis dan tinggi akan karbohidrat. Karena mengandung serat yang larut dalam air, susu oats akan terasa lebih creamy. Serat itu juga yang membantu Anda kenyang lebih lama.

Lebih lanjut, kandungan seratnya telah terbukti menurunkan kadar kolesterol LDL atau kolesterol jahat pada mereka yang mengonsumsinya dalam 5 minggu, berdasarkan sebuah penelitian.

7. Susu Rami

Mungkin sebagian dari Anda masih terasa asing dengan susu rami. Susu ini merupakan pencampuran dari air dan biji tanaman rami. Susu rami bebas laktosa, sehingga aman dikonsumsi oleh Anda yang intoleransi laktosa atau alergi susu.

Kandungan asam omega-3 dan beberapa mineral di dalamnya membuat susu ini menjadi salah satu minuman yang sehat.

Meski demikian, pemilihan susu untuk kolesterol tak semestinya hanya berdasarkan pada kadar lemak yang terdapat di dalamnya. Bicarakan kepada dokter lebih lanjut, agar Anda bisa memilih susu jenis apa yang sebaiknya dikonsumsi sesuai dengan kondisi tubuh. 

Bagikan

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email

Postingan Lainnya