fbpx

Rutin konsumsi adas untuk mengatur tekanan darah tetap stabil

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on email

Apa si Adas itu?

Adas banyak digunakan sebagai bumbu masakan, jamu, hingga obat tradisional. Manfaat adas dipercaya baik untuk kesehatan karena tumbuhan ini mengandung berbagai zat dan nutrisi yang diduga dapat mencegah penyakit hingga melancarkan proses menyusui.

Adas merupakan salah satu jenis rempah dan tanaman obat yang digunakan di berbagai negara, termasuk Indonesia. Tanaman ini mempunyai aroma yang khas dengan rasa sedikit manis dan pedas.

Apa sih manfaat dari konsumsi Adas?

1. Menjaga kesehatan jantung

Mengonsumsi adas sebagai makanan atau suplemen dipercaya dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Manfaat adas untuk kesehatan jantung berasal dari serat, kalium, dan antioksidan yang ada di dalamnya.

Selain itu, kandungan serat dalam adas juga dapat membantu menjaga kadar kolesterol dalam darah, sementara antioksidan dan kalium dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan menurunkan risiko penyakit jantung.

2. Membantu melancarkan produksi ASI

Adas merupakan jenis tanaman yang mengandung galactagogue, yaitu senyawa dalam tanaman yang dapat merangsang produksi ASI.

Senyawa ini bekerja dengan cara meningkatkan kadar hormon prolaktin, yakni hormon yang berperan penting dalam membantu wanita menghasilkan ASI setelah melahirkan.

Selain galactagogue, adas juga mengandung senyawa fitoestrogen yang mirip dengan hormon estrogen. Senyawa ini juga berperan penting dalam mendukung produksi ASI.

3. Membantu mencegah kanker

Adas mengandung senyawa anethole yang bersifat antikanker. Studi di laboratorium menunjukkan bahwa ekstrak adas yang mengandung zat anethole terlihat dapat menghentikan pertumbuhan beberapa jenis sel kanker, seperti kanker payudara dan kanker usus.

Meski demikian, manfaat adas sebagai pengobatan alternatif kanker masih perlu diteliti lebih lanjut guna memastikan efektivitas serta efek sampingnya.

4. Mengatasi gangguan menstruasi

Adas sudah lama dimanfaatkan sebagai jamu atau obat tradisional untuk membantu meredakan gejala pramenstruasi (PMS), meredakan nyeri haid, dan melancarkan siklus haid.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak adas memiliki khasiat yang hampir sama dengan obat antinyeri untuk meredakan keluhan PMS, seperti sakit kepala, nyeri payudara, kram atau nyeri haid, dan gangguan suasana hati atau mood swing.

5. Mengatasi keluhan menopause

Hasil penelitian pada wanita menopause memperlihatkan bahwa khasiat ekstrak adas mampu meningkatkan libido dan meringankan keluhan menopause, seperti hot flashes, mood swing, vagina kering, dan insomnia.

Berbagai manfaat adas yang telah disebutkan di atas baru diketahui berdasarkan hasil penelitian berskala kecil dan belum berupa penelitian klinis pada manusia. Oleh karena itu, efektivitas dan dosis penggunaan adas sebagai pengobatan masih belum diketahui dengan pasti.

Ibu hamil sebaiknya tidak mengonsumsi ekstrak atau suplemen adas, karena ekstrak adas berpotensi mengganggu perkembangan janin dalam kandungan.

https://id.wikipedia.org/wiki/Adas
https://www.alodokter.com/aneka-manfaat-adas-untuk-kesehatan

Bagikan

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email

Postingan Lainnya

Butuh bantuan? Hubungi sekarang