fbpx

Sudahkah anda rutin konsumsi makanan antioksidan?

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on email

Makanan antioksidan merupakan cara alami untuk memenuhi asupan antioksidan bagi tubuh. Antioksidan sendiri berperan untuk melindungi tubuh dari efek radikal bebas yang bisa menimbulkan beragam penyakit.

Apa saja manfaat bila Anda mengkonsumsi makanan antioksidan?

1. Mencegah Penyakit Jantung

Antioksidan dalam teh hijau yang dikenal sebagai polifenol dapat membantu mencegah penyakit jantung.

2. Mencegah Penyakit Saraf 

Antioksidan bisa berfungsi memerangi peradangan saraf yang disebabkan oleh kerusakan akibat radikal bebas. Hal ini dianggap jadi penyebab penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer dan Parkinson. 

3. Menjaga Kesehatan Mata

Lutein (karotenoid alami dalam sayuran hijau seperti bayam dan kangkung) juga dapat melindungi penglihatan. Ketika dikonsumsi, lutein membentuk vitamin A dalam tubuh. 

Vitamin A mengatur pigmen yang diproduksi retina (lapisan jaringan peka cahaya di mata). Jadi, dapat membantu melindungi mata dari kerusakan akibat sinar matahari, sembari mempertahankan fungsi penglihatan cahaya dan warna yang rendah.

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Ketika kulit terpapar sinar ultraviolet tingkat tinggi, kulit akan mengalami oksidasi yang disebut kerusakan foto-oksidatif. Itulah yang bisa merusak sel, protein, dan DNA kulit, sehingga menyebabkan kerusakan kulit dan penuaan dini.

5. Meningkatkan Sistem Imun

Oksigen dengan kandungan energi yang tinggi dapat membahayakan sistem kekebalan tubuh, karena kemampuannya untuk mempercepat produksi radikal bebas.

6. Meningkatkan Memori 

Antioksidan mampu mengurangi tanda-tanda penuaan. Contoh antioksidan seperti vitamin E dan C dapat menjaga kesehatan memori. Manfaat antioksidan ini akan meningkatkan kemampuan sel otak dan mempertahankan ingatan jangka panjang. 

7. Menjaga Kesehatan Hati

Hati adalah salah satu organ yang sangat penting bagi tubuh. Fungsinya sebagai organ detoksifikasi utama dan memelihara keseimbangan metabolisme tubuh. 

Stres oksidatif tubuh dapat menyebabkan kerusakan sel hati. Kebiasaan buruk seperti minum alkohol, merokok, dan minum obat-obatan tertentu jangka panjang juga dapat mempercepat kerusakan sel hati. 

Manfaat antioksidan sangat penting bagi kesehatan. Sebaiknya, tambahkan asupan makanan tinggi antioksidan ke dalam menu harian Anda.

Macam macam makanan antioksidan

  1. Wortel
  2. Ubi
  3. Tomat
  4. Labu
  5. Sayuran hijau
  6. Anggur
  7. Jeruk
  8. Dan buah lainnya
https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3633044/antioksidan-ini-fungsinya-untuk-tubuh
https://www.alodokter.com/beberapa-makanan-tinggi-antioksidan-dan-jenisnya#:~:text=Contoh%20makanan%20tinggi%20antioksidan%20yang,%2C%20brokoli%2C%20dan%20kacang%20polong.

Bagikan

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email

Postingan Lainnya

Butuh bantuan? Hubungi sekarang